Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan
Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

Bagi yang belum terbiasa berpuasa, saat Ramadhan mungkin merasa berat saat menjalankan puasa wajib. Oleh karena itu, diperlukan persiapan sebelum Ramadhan.

Puasa yang wajib hanya setahun sekali yaitu sekitar 30 hari selama bulan Ramadhan, sehingga amalan puasa ini jarang dilaksanakan karena jeda dari Ramadhan ke bulan Ramadhan berikutnya sangat lama.


Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

Berikut tips sehat persiapan menjelang Ramadhan.

  • Lunasi hutang puasa tahun lalu.

Bagi Anda yang masih memiliki utang puasa tahun lalu, terutama sebagian besar wanita yang biasanya mengalami menstruasi setiap bulan, harus segera melunasi utang puasa sebelum Ramadhan berikutnya.

Selain memikul kewajiban, hal ini juga akan berdampak pada kondisi mental seseorang, membuatnya merasa tenang karena hutangnya telah lunas.

  • Puasa pada hari Senin dan Kamis.

Sangat disarankan untuk berpuasa sunnah pada hari senin kamis.

Baca juga:  7 Ciri-ciri Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Jika melakukan sunnah puasa senin kamis ini secara rutin akan banyak memetik hikmahnya. Selain pahala, puasa senin kamis juga akan melatih jasmani dan rohani kita agar terbiasa menekan rasa lapar, apalagi untuk puasa wajib akan lebih siap selama 30 hari Ramadhan.

  • Makan secukupnya dan jangan makan berlebihan.

Melalui kebiasaan makan yang baik, tubuh Anda akan menjadi sehat. Salah satu kebiasaan makan yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan agama adalah makan secukupnya sesuai kebutuhan.

Makan berlebihan, terutama camilan yang kurang bermanfaat, akan membahayakan kesehatan. Tubuh akan bertambah berat dan khawatir akan mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

Yang terpenting, jika bisa menahan makan berlebihan, maka akan lebih siap berpuasa di bulan Ramadhan, karena tidak akan tergiur saat melihat makanan di depan Anda.

 

Baca Juga : Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

 

  • Istirahat yang cukup.

Anda harus menjaga keseimbangan tubuh. Anda harus makan dan berolahraga agar tubuh tetap sehat, selain itu Anda perlu istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat setiap saat.

Baca juga:  6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Wasir

Tidur malam maksimal hingga 8 jam, dan minimal 6 jam. Jika Anda merasa lelah di siang hari karena kelelahan, Anda dapat beristirahat atau tidur selama beberapa menit hingga 1 jam sebelum melanjutkan aktivitas. Jika Anda bisa tetap sehat hingga Ramadhan, Maka Anda siap berpuasa selama 30 hari.

  • Makan makanan sehat dan halal.

Makan makanan sehat agar tubuh Anda tetap sehat. Anda bisa memilih menu sarapan, makan siang dan makan malam yang sehat dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan penyakit, seperti makanan tinggi gula dan garam, gorengan, makanan kaleng yang diawetkan, dan makanan tinggi kolesterol.

Kalaupun ingin mengonsumsinya sebaiknya sesekali mengonsumsinya, jangan terlalu sering, yang terpenting makanan harus halal agar bisa berkah. Anda juga bisa meminum suplemen atau herbal yang mengandung bahan alami untuk kesehatan, seperti habbatussauda, kurma, zaitun atau herbal alami lainnya.

Baca juga:  Apakah Wasir Dapat Disembuhkan Secara Total?

Dan pastikan Anda memilih produk herbal yang berkualitas, yang aman untuk tubuh dan juga halal.

  • Hindari rokok.

Merokok tidak baik untuk Anda karena menurut pakar kesehatan sudah jelas bahwa merokok itu berbahaya.

Bagi orang yang terlanjur kecanduan rokok, inilah saatnya untuk berhenti merokok, apalagi menjelang Ramadhan tentunya harus bersiap terlebih dahulu. Bahkan, menurut sebagian besar ulama, merokok membuat puasa menjadi batal.

Nah itulah tips-tips persiapan bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan sebelum memasuki Ramadhan agar Anda lebih siap saat menjalankan wajib puasa 30 hari.

 

Beli Produk Klik Disini.
Sumber referensi
__________________

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!
Whatsapp
Butuh bantuan! chat Kami